FUNGSI RIBBON PADA MICROSOFT WORD


 Assalamu'alaikum..

Masih ranah tugas lagi. hehe

Guys, tahu gak kalau ketika kita menjalankan Microsoft Word (Ms. Word), terdapat banyak tools atau alat yang perlu digunakan untuk membuat dan mengedit naskah, sehingga untuk membantu dan mempermudah, tools tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya masing-masing di dalam ribbon. Selanjutnya, tools yang ada pada ribbon juga dikelompokkan ke dalam tab, yang berfungsi untuk menjadi pemisah antara beberapa jendela tampilan yang memiliki fungsi berbeda satu sama lain.

So, berikut aku mau share soal Fungsi Ribbon yang ada pada Microsoft Word 2007.

*      
Ribbon Tab Home

Ini adalah ribbon yang berisi tools standar dalam mengedit dokumen, diantaranya adalah :

1.    Clipboard
Terdapat beberapa menu di dalam Clipboard, yaitu :
Paste                   : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut                       : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy                    : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter  : Digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

2.    Font
Terdapat beberapa menu di dalam Font, yaitu :
Font                     : untuk memilih jenis huruf
Font Size            : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font          : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font        : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case    : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formating : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold                     : untuk menebalkan teks terpilih
Italic                     : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline           : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough     : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript            : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript         : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect          : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color :untuk memberikan warna di belakangteks terpilih
Font Color          : untuk mengatur warna teks terpilih.

3.    Paragraph 
Terdapat beberapa menu di dalam Paragraph, yaitu :
Bullets                             : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering                     : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent           : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent             : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right                   : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left                   : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort                                  : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left               : untuk mengatur teks rata kiri
Center                             : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right            : untuk mengatur teks rata kanan
Justify                             : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing                 : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading                          : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border                             : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

4.    Styles
Terdapat beberapa menu di dalam Styles, yaitu :
Heading Styles              : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles              : berisi pilihan pengaturan tema paragraph

5.    Editing
Terdapat beberapa menu di dalam Editing, yaitu :
Find                : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace         : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select             : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

*      

Ribbon Tab Insert

Ini adalah ribbon yang digunakan untuk memasukkan, menyisipkan, atau menambahkan perintah ke dalam naskah, diantaranya adalah :

1.    Pages
Terdapat beberapa menu di dalam Pages, yaitu :
Cover Page                    : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page                    : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
Break Page                    : untuk memisah suatu halaman file dokumen

2.    Table
Terdapat beberapa menu di dalam Table, yaitu :
Insert Table                    : untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table                   : untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet       : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel.

3.    Illustrations
Terdapat beberapa menu di dalam Illustrations, yaitu :
Picture                : digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art                : untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes               : digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt              : digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart                   : digunakan untuk menyisipkan diagram

4.    Links
Terdapat beberapa menu di dalam Links, yaitu :
Hyperlink                        : digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark                       : digunakan membuat penanda buku
Cross-Reference          : digunakan untuk membuat referensi antar file

5.    Header & Footer
Terdapat beberapa menu di dalam Header & Footer, yaitu :
Header                : digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
Footer                  : digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number    : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman

6.    Text
Terdapat beberapa menu di dalam Text, yaitu :
Text Box              : digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts         : digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
WordArt             : digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap            : digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line    : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time       : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object                  : digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi

7.    Symbol 
Terdapat beberapa menu di dalam Header & Footer, yaitu :
Equation         : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol            : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.


Ribbon Tab Page Layout

Ini adalah ribbon yang digunakan untuk mengedit tampilan dokumen sehingga menjadi lebih menarik untuk dibaca, diantaranya adalah :

1.    Themes
Terdapat beberapa menu di dalam Themes, yaitu :
Themes      : digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color             : digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
Fonts             : digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Effect         : digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

2.    Page Setup
Terdapat beberapa menu di dalam Page Setup, yaitu :
Margins               : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientation         : digunakan untuk mengatur posisi kertas.
Size                     : digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Columns             : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaks                 : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbers    : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Hypenation        : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

3.    Page Background
Terdapat beberapa menu di dalam Page Background, yaitu :
Watermark                      : digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Page Color                     : digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
Page Borders                 : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.

4.    Paragraph
Terdapat beberapa menu di dalam Paragraph, yaitu :
Indent                  : digunakan untuk mengatur batas teks;
Spacing              : digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.

5.    Arrange
Terdapat beberapa menu di dalam Arrange, yaitu :
Position              : digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap text            : digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward    : digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward : digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
Align                    : digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
Group                  : digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate                 : digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih


Ribbon Tab References

Ribbon ini berfungsi untuk memasukkan informasi referensi pada dokumen, beberapa tool diantaranya adalah :

1.    Table of Contens
Terdapat beberapa menu di dalam Table of Contents, yaitu :
Table of Contens  : digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen.
Add Text                   : digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. tentu
Update Table          : digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi

2.    Footnotes
Terdapat beberapa menu di dalam Table Footnotes, yaitu :
Insert Footnote              : digunakan untuk menyisipkan catatan kaki
Next Footnote             : berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Show Notes                   : digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun end note.

3.    Citations & Bibligraphy
Terdapat beberapa menu di dalam Table Citations & Bibliography, yaitu :
Insert Citation             : digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
Manage Sources          : digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.

4.    Caption
 Terdapat beberapa menu di dalam Table Citations & Bibliography, yaitu :
Insert Caption                           : digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
Insert Table of Figures             : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
Update Table                             : digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
Cross-reference                        : berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.

5.    Index
Terdapat beberapa menu di dalam Index, yaitu :
Mark Entry                      : digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
Insert index                    : digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
Update Index                 : digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.

6.    Table of Authorities
Terdapat beberapa menu di dalam Table of Authorities, yaitu :
Mark Citations                           : digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
Insert Table of Authorities   : berfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi
Update Table                             : digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada table


Ribbon Tab Mailings

Ribbon ini berfungsi untuk keperluan mailing seperti mengatur label surat, penerima surat, dan sebagainya. Adapun tools di dalamnya adalah sebagai berikut :
1.    Create
Terdapat beberapa menu di dalam Create, yaitu :
Envelopes          : untuk membuat dan mencetak amplop
Labels                 : untuk membuat dan mencetak label

2.    Start Mail Merge
Terdapat beberapa menu di dalam Start Mail Merge, yaitu :
Start Mail Merge            : untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
Select Recipients          : untuk membuat daftar penerima surat
Edit Recepients List     : untuk mengubah daftar penerima surat

3.    Write & Insert Fields
Terdapat beberapa menu di dalam Write & Insert Fields, yaitu :
Highlight Merge Field              : untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
Address Block                           : untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
Greeting Line                             : untuk menambah nama sapaan
Insert Merge Field                     : untuk menambah informasi mengenai penerima suraT
Rules                                          : untuk memberikan garis pada surat
Match Field                                : untuk membandingkan surat
Update Labels                           : untuk memperbarui label pada surat

4.    Preview Results
Terdapat beberapa menu di dalam Write & Insert Fields, yaitu :
Preview Results                        : untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat
Find Recipient                           : untuk mencari daftar penerima surat
Auto Check for Errors              : untuk mengecak kesalahan pada surat

5.    Finish
Terdapat satu menu di dalam Finish, yaitu :
Finish & Merge              : untuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap


Ribbon Tab Review

Ribbon ini berfungsi untuk untuk memeriksa kembali keseluruhan isi dokumen. Beberapa tools di antaranya adalah :


1.    Proofing
Terdapat beberapa menu di dalam Proofing, yaitu :
Spelling & Grammar                 : Memeriksa ejaan teks
Research                                    : Membuka panel penelitian referensi
Thesaurus                                  : Saran kata yang sepadan
Translate                                    : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
Translation Screen Tip            : Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
Set Language                            : Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
Word Count                               : Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam document

2.    Comments
Terdapat beberapa menu di dalam Comments, yaitu :
New comment               : digunakan untuk memasukkan komentar baru
Delete                             : digunakan untuk menghapus komentar
Previous                         : digunakan untuk memeperlihatkan komentar sebelumnya
Next                                 : digunakan untuk memeperlihatkan komentar setelahnya

3.    Tracking 
Terdapat beberapa menu di dalam Proofing, yaitu :
Track changes            : melacak semua perubahan yang dibuat dari dokumen termasuk tambahan, penghapusan dan menata ulang
Ballons                        : digunakan untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
Display for review  : digunakan untuk memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
Show markup          : digunakan untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
Reviewing Pane           : di gunakan untuk menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah.

4.    Changes
Terdapat beberapa menu di dalam Changes, yaitu :
Accept and move to next    : digunakan untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
Reject and move to next   : digunakan untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
Previous change           : digunakan untuk menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima/menolak
Next change                   : digunakan untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak

5.    Compare
Terdapat beberapa menu di dalam Compare, yaitu :
Compare                                : digunakan untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
Show source documents        : digunakan untuk menunjukkan sumber dokumen yang terpilih

6.    Protect
Terdapat satu menu di dalam Protect, yaitu :
Protect document      : digunakan untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi


Ribbon Tab View

Ribbon ini berfungsi untuk mengecek kebenaran tampilan halaman. Berikut adalah beberapa tools yang terdapat dalam ribbon ini:

1.    Document Views
Terdapat beberapa menu di dalam Document Views, yaitu :
Print Layout                   : untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
Full Screen Reading    : untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
Web Layout                    : untuk melihat hasil kerja di web
Outline View                  : untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
Draft View                      : untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya

2.    Show/Hide
Terdapat beberapa menu di dalam Show/Hide, yaitu :
Rules                  : untuk menampilkan penggaris
Girdlines                         : untuk menampilkan garis kisi
Massage Bar      : untuk menampilkan batang pesan
Formula Bar       : untuk menampilkan batang formula
Heading              : untuk menampilkan heading

3.    Zoom
Terdapat beberapa menu di dalam Zoom, yaitu :
Zoom                   : untuk Memperbesar tampilan
100%                   : untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
One Page           : untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
Two Page           : untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
Page Widht        : untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman

4.    Windows
Terdapat beberapa menu di dalam Windows, yaitu :
New Window                             : Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
Arrange All                                 : Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
Split Windows                           : Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja
View Side by Side                    : Memperlihatkan jendela berdampingan
Synchronous Scrolling            : Membuat dua jendela menggulung bersamaan
Reset Window Position           : Menset ulang posisi jendela berdampingan

5.    Macros
Terdapat satu menu di dalam Macros, yaitu :
View Macros      : Memperlihatkan macro dokumen


Okay that's all :D
Semoga bermanfaat....

Wassalam..

Comments

Popular posts from this blog

Mencari Kawan ke Pulau Pepaya (Pepaya Island, Part 1)

Percaya - Yang Kutahu Tentang Cinta | #bookreview6