Mail Merge - Microsoft Word
Assalamu'alaikum..
Selamat pagi, siang, sore malam...
Guys, kali ini aku mau share soal Mail Merge. Mail Merge ini adalah salah satu tools
di dalam Microsoft Word (Ms. Word) yang berfungsi untuk mempermudah kita untuk
membuat sebuah dokumen yang isinya sama untuk beberapa penerima yang berbeda
secara cepat dan mudah. Fitur Mail Merge ini biasa digunakan dalam pembuatan
surat, sertifikat, label, dan amplop.
Nah, cara buatnya gampang kok. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
Membuat Data Source
Untuk lebih mudah, pertama-tama buatlah data
source Nama dan Alamat menggunakan Microsoft Excel dan simpan dengan nama Data Surat.
Membuat Dokumen Master
Selanjutnya, buatlah dokumen master surat menggunakan Microsoft Word dan simpan dengan nama Master Surat. Dokumen ini kemudian jangan
ditutup karena akan digunakan di langkah-langkah selanjutnya.
Menggabungkan
Data Source Dengan Dokumen Master
Untuk menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master,
lakukanlah langkah-langkah berikut :
1. Klik
Ribbon Tab Mailings, Start Mail Merge group, klik Start Mail Merge.
2. Selanjutnya
pilih data source dengan cara buka
Ribbon Tab Mailings, Start Mail Merge, klik Select Recipients
3. Pilih
Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog
Select Data Source, kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select
Table
4. Pada
kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan
pastikan kota First Row Of Data Contains Column Headers dicentang. Kemudian
klik ok.
5. Selanjutnya
tempatkan data pada masing-masing tempatnya. Caranya, taruh kursor dibawah
tulisan “Kepada Yth”, kemudian pada Mailings Tab, Write & Inster Fields
group, klik Insert Merge Field dan pilih Nama. Kemudian lakukan hal yang sama
pada Alamat.
6. Selanjutnya
tampilan dokumen akan seperti contoh dibawah ini.
Menyimpan dan
Mencetak Mail Merge
Klik tombol Finish & Merge dan pilih Print Documents.
Untuk mencetak surat ada 3 pilihan yaitu, All untuk mencetak semua surat,
Current Record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif, dan From dan To
untuk mencetak surat yang dipilih saja.
Selesai deh :D gampang kan??
Semoga bermanfaat :)
Wassalam...
Comments
Post a Comment