Table Of Content
Assalamu'alaikum...
Hallo again....
Kali ini aku mau share soal Table of content nya Microsoft Word (Ms. Word). Table of content ini berfungsi untuk mempermudah kita
dalam membuat Daftar Isi dari sebuah dokumen. Tujuannya adalah agar kita tidak
membuat Daftar Isi secara manual, sehingga dapat diubah sewaktu-waktu dengan
lebih cepat seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan judul dalam dokumen
yang kita buat.
Nah, untuk itu, kita perlu melakukan beberapa langkah. Yuk ikutin langkah-langkah dibawah :
Menandai Bagian Untuk Daftar Isi
Sebelum membuat daftar isi, kita perlu
menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi. Bagian
tersebut biasanya berupa heading atau judul bab
seperti Bab 1 Pengantar, Bab 2 Pembahasan, dan sebagainya, Judul pembahasan,
dan lain sebagainya.
Cara mudah untuk membuat heading adalah
dengan menggunakan heading styles yang terdapat di Microsoft Word dalam Ribbon
Tab Home, yaitu Heading 1 sampai dengan Heading 9. Biasanya untuk Bab kita
menggunakan Heading 1, Judul pembahasan kita menggunakan Heading 2, dan sub
pembahasan kita menggunakan Heading 3.
Cara Membuat Daftar Isi
Setelah menandai bagian untuk daftar isi dengan menggunakan
Heading, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah membuat daftar isi-nya.
Berikut langkah-langkahnya :
1. Klik
bagian halaman tempat Daftar Isi akan diletakkan (biasanya ini berada di awal
dokumen setelah Kata Pengantar). Kemudian pada Ribbon Tab References, Table of
Contents group, klik Table of Contents, dan pilih gaya daftar isi yang
diinginkan.
2. Setelah
itu, klik Insert Table of content untuk mengatur hal-hal berikut :
- Tab
Leaderm untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, seperti garis
putus-putus, titik-titik, atau tidak menggunakan tab leader
- Formats,
untuk memilih format lampiran daftar isi
- Show
levels, ganti angka pada kotak disampingnya untuk menambah atau mengurangi
level heading yang akan ditampilkan di daftar isi
3. Maka
daftar isi siap untuk digunakan
Cara Update
Daftar Isi
Ketika Daftar Isi telah selesai dibuat namun kemudian ada
beberapa bagian dokumen yang berubah, maka Daftar Isi harus di update agar
dapat mengikuti perubahan dokumen, yaitu dengan cara sebagai berikut :
1. Pada
Ribbon Tab References, Table of Contents group, klik Update Table. Atau klik
bagian atas Daftar Isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik
Update Table
2. Klik
update page numbers only bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah
halaman berkurang atau bertambah, atau jika format nomor halaman berubahn. Tapi
bila ada penambahan atau pengurangan heading, atau bila ada perubahan teks pada
heading, maka klik update entire table.
Cara Menghapus
Daftar Isi
Jika ingin menghapus daftar isi, maka langkah-langkah nya
adalah sebagai berikut :
1. Pada
References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents
2. Klik
Remove Table of Contents
Selesai deh :D
Nanti bakalan jadi seperti ini :
Semoga bermanfaat :D
Wassalam...
Comments
Post a Comment