Table Of Content

Assalamu'alaikum...
Hallo again....

Kali ini aku mau share soal Table of content nya Microsoft Word (Ms. Word). Table of content ini berfungsi untuk mempermudah kita dalam membuat Daftar Isi dari sebuah dokumen. Tujuannya adalah agar kita tidak membuat Daftar Isi secara manual, sehingga dapat diubah sewaktu-waktu dengan lebih cepat seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan judul dalam dokumen yang kita buat.

Nah, untuk itu, kita perlu melakukan beberapa langkah. Yuk ikutin langkah-langkah dibawah :

Menandai Bagian Untuk Daftar Isi

Sebelum membuat daftar isi, kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau judul bab seperti Bab 1 Pengantar, Bab 2 Pembahasan, dan sebagainya, Judul pembahasan, dan lain sebagainya.

Cara mudah untuk membuat heading adalah dengan menggunakan heading styles yang terdapat di Microsoft Word dalam Ribbon Tab Home, yaitu Heading 1 sampai dengan Heading 9. Biasanya untuk Bab kita menggunakan Heading 1, Judul pembahasan kita menggunakan Heading 2, dan sub pembahasan kita menggunakan Heading 3.


Cara Membuat Daftar Isi

Setelah menandai bagian untuk daftar isi dengan menggunakan Heading, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah membuat daftar isi-nya. Berikut langkah-langkahnya :

1.    Klik bagian halaman tempat Daftar Isi akan diletakkan (biasanya ini berada di awal dokumen setelah Kata Pengantar). Kemudian pada Ribbon Tab References, Table of Contents group, klik Table of Contents, dan pilih gaya daftar isi yang diinginkan.

2.    Setelah itu, klik Insert Table of content untuk mengatur hal-hal berikut :
-       Tab Leaderm untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, seperti garis putus-putus, titik-titik, atau tidak menggunakan tab leader
-       Formats, untuk memilih format lampiran daftar isi
-       Show levels, ganti angka pada kotak disampingnya untuk menambah atau mengurangi level heading yang akan ditampilkan di daftar isi
3.    Maka daftar isi siap untuk digunakan

Cara Update Daftar Isi

Ketika Daftar Isi telah selesai dibuat namun kemudian ada beberapa bagian dokumen yang berubah, maka Daftar Isi harus di update agar dapat mengikuti perubahan dokumen, yaitu dengan cara sebagai berikut :

1.    Pada Ribbon Tab References, Table of Contents group, klik Update Table. Atau klik bagian atas Daftar Isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table 
2.    Klik update page numbers only bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman berkurang atau bertambah, atau jika format nomor halaman berubahn. Tapi bila ada penambahan atau pengurangan heading, atau bila ada perubahan teks pada heading, maka klik update entire table.

Cara Menghapus Daftar Isi

Jika ingin menghapus daftar isi, maka langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :
1.    Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents
2.    Klik Remove Table of Contents


Selesai deh :D

Nanti bakalan jadi seperti ini :



Semoga bermanfaat :D

Wassalam...

Comments

Popular posts from this blog

FUNGSI RIBBON PADA MICROSOFT WORD

Mencari Kawan ke Pulau Pepaya (Pepaya Island, Part 1)

Percaya - Yang Kutahu Tentang Cinta | #bookreview6